Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah
data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi,
pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk
menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai
yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana
kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga
barang. Contoh permasalahan yang lebih
kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan
banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel
atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah
ini:
Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat
diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value,
formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256
kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256
worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi
sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan
mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 →
range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan
kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain. Contoh
: cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi
B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan
dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. Contoh
: Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi
$A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan
tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat
absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy
kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat
itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri
formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan
operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan
fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama
dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak
sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan
oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal
memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi
dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen
ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk
menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan
keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai
jika salah)
Contoh :
=If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric
menjadi bilangan
a. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
b. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah
string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada
text,mulai nomor)
c. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet
karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
d. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan
string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
e. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain
dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah
karakter,text baru)
f. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat
maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel
secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu
range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan
data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data,
penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita
pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu
range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range,
penulisannya : =var(number1,number2,…)
Kelebihan Ms Excel
1. Buat grafik data dalam satu sel
Dengan Sparklines, fitur baru di Excel 2007 dan 2010, Anda
dapat membuat grafik kecil dalam satu sel dengan cepat menemukan pola dalam
data Anda. Ini merupakan cara cepat dan mudah untuk menyorot data penting
seperti mengurutkan dari kecil ke besar atau sebaliknya, ini menghemat waktu
Anda.
2. Tepat di titik sasaran – data yang benar dengan cepat
Excel 2007 dan 2010 memberikan perangkat tambahan filter
baru dan menarik untuk PivotTables Anda.
Fitur Slicer menyediakan untuk Anda dengan banyak visualisasi tampilan
PivotTable Anda sehingga Anda dapat memilah-milah secara dinamis dan menyaring
data untuk menampilkan sesuai apa yang Anda butuhkan. With the new search
filter, you can spend less time sifting through large data sets in your tables
and PivotTable views, and more time analyzing. Dengan pencarian baru filter,
Anda dapat menghabiskan waktu kurang memilah-milah kumpulan data besar dalam
tabel Anda dan pandangan PivotTable, dan lebih banyak waktu menganalisis.
3. Meng-akses spreadsheet Anda darimana saja
Post your spreadsheets online and then access, view, and
edit wherever from just about any computer or your Windows Mobile-based
smartphone. Post spreadsheet Anda secara online dan kemudian mengakses,
melihat, dan mengedit manapun dari hampir semua komputer atau smartphone
berbasis Windows Mobile. With Excel 2007 and 2010, you can take advantage of a
best-in-class spreadsheet experience across multiple locations and devices.
Dengan Excel 2007 dan 2010, Anda dapat mengambil keuntungan dari pengalaman spreadsheet
terbaik di kelas di beberapa lokasi dan perangkat. Microsoft Excel Web App.
Microsoft Excel Web App. Edit documents in a Web browser when you’re away from
your office, home, or school without compromising the quality of your viewing
experience. Edit dokumen dalam browser Web ketika Anda berada jauh dari kantor,
rumah, atau sekolah tanpa mengorbankan kualitas pengalaman menonton anda.
Microsoft Excel Mobile 2007 and 2010. Stay current and take immediate action
when necessary using the mobile version of Excel specifically suited to your
smartphone. Tetap saat ini dan mengambil tindakan segera bila diperlukan
menggunakan versi mobile Excel khusus cocok untuk smartphone Anda.
4. Connect, sharing,
dan mencapai lebih banyak saat bekerja sama
Co-authoring through the Microsoft Excel Web App makes it
possible for you to edit the same spreadsheet with others simultaneously from
different locations. Co-authoring melalui Microsoft Excel Aplikasi Web
memungkinkan Anda untuk mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain secara
bersamaan dari lokasi yang berbeda. You can see who’s working on a spreadsheet
with you at the same time. Anda dapat melihat siapa yang bekerja pada
spreadsheet dengan Anda pada waktu yang sama. All modifications are instantly
shown and flagged so you can see where others are editing and who those editors
are. Semua modifikasi yang langsung ditampilkan dan ditandai sehingga Anda
dapat melihat di mana orang lain yang mengedit dan siapa orang editor.
5. Bertambah lebih canggih dalam presentasi data
Conditional Formatting in Excel 2007 and 2010 gives you more
control over styles and icons, improved data bars, and the ability to highlight
specific items in a few clicks. Conditional Formatting di Excel 2007 dan 2010
memberi Anda kontrol yang lebih gaya dan ikon, bar data yang lebih baik, dan
kemampuan untuk menyorot item tertentu dalam beberapa klik. You also can
display data bars for negative values to more accurately illustrate your data
visuals. Anda juga dapat menampilkan bar data untuk nilai negatif untuk lebih
akurat menggambarkan visual data Anda.
6. Manfaatkan PivotCharts lebih interaktif dan dinamis
Quickly gather more insights with the ability to display
different data views directly in a PivotChart, independent of PivotTable views,
to analyze and capture the most compelling picture of your numbers. Cepat
mengumpulkan wawasan lebih dengan kemampuan untuk menampilkan data yang berbeda
pandangan langsung di PivotChart, independen dari pandangan PivotTable, untuk
menganalisis dan menangkap gambar yang paling menarik nomor Anda.
7. Lakukan hal-hal
yang lebih mudah dan cepat
Excel 2007 dan 2010 simplifies how you access features.
Excel 2007 dan 2010 menyederhanakan bagaimana Anda fitur akses. The new
Microsoft Office Backstage™ view replaces the traditional File menu to let you
save, share, print, and publish your spreadsheets with just a few clicks.
Microsoft Office Backstage baru melihat ™ menggantikan menu File tradisional
untuk membiarkan Anda menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan
spreadsheet Anda hanya dengan beberapa klik. And, with the improved Ribbon, you
can access your favourite commands even more quickly by customizing tabs or
creating your own to personalize the experience to your work style. Dan, dengan
Ribbon ditingkatkan, Anda dapat mengakses perintah favorit anda bahkan lebih
cepat dengan menyesuaikan tab atau membuat Anda sendiri untuk mempersonalisasi
pengalaman dengan gaya kerja Anda.
8. Efisien model dan menganalisis hampir semua data
The PowerPivot for Excel add-in , a free download, provides
groundbreaking technology such as streamlined integration of data from multiple
sources and lightning-fast manipulation of large data sets with up to millions
of rows. The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan
teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber
dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris. Business
users can effortlessly publish and share analysis through Microsoft SharePoint
Server 2010, and have other users enjoy the same Slicer, PivotTable, and
fast-query capabilities when working on their Excel Services report Pengguna
bisnis mudah dapat mempublikasikan dan analisis saham melalui Microsoft
SharePoint Server 2007 and 2010, dan memiliki pengguna lain menikmati Slicer
sama, PivotTable, dan kemampuan cepat-query ketika bekerja pada laporan Jasa
Excel mereka
9. Lebih memanfaatkan kekuatan untuk membangun lebih besar
dan more complex spreadsheet
Power users and analysts rejoice! Power pengguna dan
bersukacita analis! With the new 64-bit version of Excel 2007 and 2010, massive
amounts of information are easier to analyze than ever before. Dengan versi
64-bit baru Excel 2007 dan 2010, sejumlah besar informasi lebih mudah untuk
menganalisis daripada sebelumnya. Analyze large, complex datasets greater than
the 2-gigabyte file size limit of previous Excel versions. Menganalisis besar,
kompleks dataset lebih besar dari batas ukuran file 2-gigabyte versi Excel
sebelumnya.
10. Publish and sharing melalui layanan Excel
SharePoint Server 2010 and Excel Services integration lets
business users share analysis and results across their organization by
publishing spreadsheets to the Web. SharePoint Server 2010 dan Excel integrasi
Jasa memungkinkan pengguna bisnis analisis saham dan hasil dalam organisasi
mereka dengan penerbitan spreadsheet ke Web. Build a business intelligence
dashboard and share sensitive business information more broadly with
co-workers, customers, and business partners in a security-enhanced
environment. Membangun intelijen bisnis dashboard dan berbagi informasi bisnis
sensitif secara lebih luas dengan rekan kerja, pelanggan, dan mitra bisnis
dalam lingkungan keamanan yang ditingkatkan.
Sumber : http://201132001herlu.blog.esaunggul.ac.id/2012/05/10/fungsi-dan-manfaat-ms-excel-2007/
thanks buat infonya sob,, sangat bermanfaat sekali
BalasHapus